Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPK dan PPS se Badung ikuti seminar Demokrasi tanpa Korupsi dan Jalan Santai

Mangupura, Buwik.com - Pada hari Rabu, 18 Juni 2015 kemarin, seluruh PPK dan PPS yang ada di Kabupaten Badung mengikuti acara seminar yang bertemakan "Demokrasi tanpa Korupsi" yang bertempat di Warung Subak Desa Sedang. Materi dalam seminar ini diisi oleh Staf Pembinaan dari KPK Pusat yaitu Alfi Rachman Waluyo. Beliau memberikan materi tentang bagaimana caranya untuk mencegah terjadinya kemungkinan tindak korupsi oleh para pejabat negara dengan penyelenggaraan pemilu yang berintegritas. Korupsi akan dapat diminimalkan apabila biaya kampanye oleh para calon Bupati dan Wakil Bupati dapat ditekan seminimal mungkin, karena dana kampanye yang mahal merupakan salah satu indikasi yang menyebabkan adanya korupsi. Dalam materinya, Bapak Alfi juga menyinggung tentang Demokrasi yang ada di Indonesia yang kemudian juga dijadikan sebagai bahan diskusi. PPK dan PPS se kabupaten Badung diundang dalam seminar ini karena Badung dalam pemilu yang diadakan bulan Desember ini dijadikan sebagai pilot project KPK selain juga kota Surabaya. Diharapkan melalui seminar ini, para petugas KPU, PPK dan PPS sebagai pelaksana dibawah bisa memahami peluang-peluang korupsi yang dilakukan oleh pejabat, komisioner dan seluruh masyarakat yang berkepentingan dalam pelaksanaan pemilu sehingga dapat dihindari sedini mungkin.

Alfi Rachman Waluyo memberikan materi dalam seminar Demokrasi tanpa Korupsi
Alfi Rachman Waluyo memberikan materinya
Hal senada juga disampaikan oleh bapak Dewa Raka Sandi selaku ketua KPU Provinsi Bali . Dalam pemaparan materinya, beliau menyampaikan bagaimana seharusnya petugas PPK dan PPS agar dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal meskipun honor yang diberikan jauh dibawah UMK Badung. Kebanggaan KPU akan ada ketika mampu melahirkan pemimpin yang bersih dari perilaku korupsi yang tentunya adalah pilihan rakyat. Beliau juga menjelaskan tentang program kerja dari KPU mulai dari pembentukan PPK PPS, Pendaftaran Calon hingga hari H Pemilihan yaitu pada 9 Desember 2015. Untuk pendaftaran calon dari jalur umum tidak ada, sehingga KPU masih menunggu pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati dari Partai Politik yang dilaksanakan 3 hari yaitu tanggal 26, 27, dan 28 Juni 2015. Untuk syarat pendaftaran calon dari jalur Partai Politik ada sedikit perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana rekomendasi calon juga harus mendapat verifikasi dari pimpinan partai di Pusat.
Para petugas PPK PPS KPU Badung mengikuti Seminar
Para petugas PPK PPS KPU Badung mengikuti Seminar
Dalam diskusi dibuka 3 kesempatan bagi penanya. Kesempatan bertanya ini pun dimanfaatkan oleh peserta dan undangan. Pertama dari Perwakilan Satpol PP yang menanyakan mengenai Baliho-baliho yang telah dipasang sebelum masa kampanye.Selanjutnya perwakilan dari DPRD Badung, menanyakan tentang langkah yang diambil oleh KPU apabila hanya ada satu calon saja. 
Bapak Alfi dari KPK sedang diwawancara oleh para wartawan dan jurnalis
Bapak Alfi sedang diwawancara
Selesai seminar dan santap sore, selanjutnya seluruh PPK dan PPS se Kabupaten Badung berkumpul dilapangan desa Sedang untuk mengikuti jalan santai bersama-sama dengan masyarakat setempat.

Posting Komentar untuk "PPK dan PPS se Badung ikuti seminar Demokrasi tanpa Korupsi dan Jalan Santai"