Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi dan Catatan Prestasi Petinju Miguel Angel Cotto

Prestasi Petinju Miguel Cotto
Petinju Miguel Cotto
Tinju Dunia, Buwik.com - Miguel Ángel Cotto Vázquez (lahir 29 Oktober 1980) adalah seorang petinju profesional Puerto Rico. Dia adalah yang pertama dan satu-satunya orang Puerto Rico yang memenangkan gelar tinju di 4 kelas berat yang berbeda dan dalam arus WBC, Lineal, The Ring Dunia World Middleweight Champion. Ia juga Transnasional Tinju Peringkat Board World Middleweight Champion.

Sebagai seorang petinju amatir, Cotto mewakili Puerto Rico di divisi kelas welter ringan dan bercahaya di berbagai event internasional termasuk 1999 Pan American Games, Olimpiade 2000 dan Kejuaraan Dunia Junior tahun1998 di mana dia memenangkan medali perak. Cotto memulai karir profesionalnya pada tahun 2001, dan pada tanggal 11 September 2004, ia mengalahkan Kelson Pinto untuk kejuaraan WBO kelas welter junior. Dia berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak enam kali, sebelum pada akhirnya Cotto naik ke divisi kelas welter.

Pada pertandingan pertamanya di divisi ini ia mengalahkan Carlos Quintana yang membawanya ke kejuaraan WBA kelas welter. Cotto berhasil mempertahankan gelar melawan Oktay Urkal, Zab Judah, Shane Mosley dan Alfonso Gómez, sebelum kalah untuk Antonio Margarito. Pada tanggal 21 Februari 2009, ia mengalahkan Michael Jennings untuk memenangkan kejuaraan WBO kelas welter. Cotto mempertahankan gelar melawan Joshua Clottey sebelum kalah dari Manny Pacquiao pada 14 November 2009. Pada tanggal 5 Juni 2010, Cotto berkompetisi di laga pertamanya di divisi menengah ringan, mengalahkan Yuri Foreman untuk WBA juara Super kelas welter. Pada tanggal 7 Juni 2014, Cotto kalah Sergio Martinez untuk meraih Transnasional Tinju Peringkat Dewan, WBC & The Ring middleweight titles. Dalam melakukannya, ia menjadi yang pertama tempur dari Puerto Rico dalam sejarah untuk memenangkan gelar juara dunia di empat kelas berat yang berbeda.

Ia dianggap sebagai salah satu petinju Puerto Rico terbesar bersama dengan Félix Trinidad, Wilfred Benitez, Hector Camacho, Wilfredo Gomez, dan Carlos Ortiz.

Sesuai dengan perjalanan prestasinya, Miguel Ángel Cotto  adalah seorang petinju yang tangguh dan pantang menyerah. Dari 44 pertandingan yang telah dilakoninya, ia hanya mengalami kekalahan 4 kali saja. Dengan kata lain berarti Cotto sukses meraih 40 kali kemenangan dengan menang KO sebanyak 33 kali.

Boxing record / Catatan Tinju Miguel Cotto
Total fights 44
Wins 40
Wins by KO     33
Losses 4
Draws 0
No contests 0

Catatan ini di update pada tanggal 02 Agustus 2015.

Posting Komentar untuk "Biografi dan Catatan Prestasi Petinju Miguel Angel Cotto "