Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upacara mendak siwi, Odalan Pedudusan alit di Br. Kasianan, Petang.

Badung, Buwik.com - Pada hari selasa tanggal 25 Agustus 2015, masyarakat adat Br. Kasianan Desa Pangsan Kecamatan Petang Kabupaten Badung, Bali melaksanakan upacara mendak siwi.

Upacara mendak siwi ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian upacara pedudusan di Pura Penataran Agung Br. Kasianan. Puncak upacara piodalan akan dilaksanakan pada hari sabtu, 29 Agustus 2015 yaitu pada hari saniscara kliwon wuku krulut. Pelaksanaan upacara ngenteg linggih mapedudusan alit ini dilaksanakan bertepatan dengan hari purnama sehingga karya piodalan yang dilakukan tergolong Nadi.

Upacara mendak siwi ini dilakukan dengan membawa pretima dan segala keperluan upacara lainnya yang diiringi dengan gambelan baleganjur dari Pura ke sebuah tempat lapang yang ada disebelah timur kantor perbekel desa pangsan. Setelah selesai maka semuanya kembali beriringan menuju Pura. Sebelum memasuki area Pura, terlebih dahulu disambut oleh tarian rejang dan tarian baris gede. Tarian ini sendiri ditarikan oleh anak-anak STT Budhi Dharma yang berada dibawah asuhan Banjar Adat Kasianan.

Posting Komentar untuk "Upacara mendak siwi, Odalan Pedudusan alit di Br. Kasianan, Petang."