Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Workshop Yoga Asanas Denpasar tahun 2015

Denpasar, Buwik.com - Seiring dengan penerapan Revolusi Mental yang selama ini digaungkan oleh Presiden Joko Widodo, masalah mental dan moral para siswa sebagai generasi penerus bangsa ini menjadi perhatian serius bukan hanya bagi pemerintah, namun juga sebagai perhatian bagi sekolah dan pemerintah daerah.

Masalah degradasi moral dikalangan pelajar juga menjadi perhatian bagi pemerintah daerah kota Denpasar. Berbagai macam program telah dilaksanakan oleh pemerintah kota Denpasar dalam mencegah dan menanggulangi masalah degradasi mental masyarakat dengan menyasar peserta didik. Hal ini dilakukan karena para pelajar masih memiliki jiwa yang labil sehingga rentan terkena pangaruh yang tidak baik yang ada dilingkungannya.

Pemerinta daerah Kota Denpasar sangat serius dalam membina masyarakatnya, terlihat dari salah satu program yang awal mulanya adalah ide yang dicetuskan oleh walikota denpasar Rai Mantra. Program yang dimaksud adalah seluruh sekolah yang ada di Denpasar mulai dari tingkat SD sampai SMA/ SMK diharapkan untuk mengadakan ekstra YOGA ASANAS.

Untuk memantapkan agar program ini dapat berjalan maka diadakan workshop Yoga Asanas Tahun Pelajaran 2015/2016 oleh Disdikpora Kota Denpasar. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari workshop Yoga Asanas yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya. Workshop ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu dari hari tanggal 13 oktober 2015 dan selesai pada tanggal 17 oktober 2015. Sedangkan tanggal 14/10/2015 ditiadakan karena hari libur.

Acara workshop Yoga Asanas ini dibuka oleh perwakilan dari PLT Kepala Dinas Disdikpora kota Denpasar. Sebelum membuka secara resmi pembukaan workshop ini, terlebih dahulu beliau membacakan sambutan dari PLT Kepala Disdikpora. Dalam sambutannya beliau menyebutkan bahwa salah satu cara ampuh untuk mencegah kenakalan remaja adalah dengan melaksanakan Yoga Asanas, karena dalam yoga asanas diajarkan untuk menyeimbangkan jasmani dan rohani. Dalam yoga asanas ada tiga hal yang dilakukan yaitu olah raga, olah pikir dan olah rasa. Jadi dengan melakukan yoga asanas akan membuat badan sehat dan pikiran serta jiwa pun menjadi sehat.

Dalam acara pembukaan ini dihadiri oleh kepala sekolah, guru agama Hindu, guru olah raga dari seluruh sekolah SD, SMP, SMA, SMK yang ada di Denpasar. Setelah acara pembukaan selesai, selanjutnya diberikan materi pengantar yoga yang disajikan oleh Drs. I Dewa Kt Artana. Dalam pemamarannya, Pak Dewa menjelaskan tentang sejarah yoga, bentuk yoga serta manfaat dari pelaksanaan Yoga Asanas. Setelah sekitar 2 jam diberikan materi pengantar yoga, peserta workshop kemudian diajak dan dilatih untuk mempraktekan Yoga Asanas. Kegiatan Yoga Asanas ini dipandu oleh 2 orang mentor yang menjadi instruktur yoga yaitu Ni Ketut Oka Rupadini, S.Pd dan I Nyoman Dayuh, S.Ag, M.Si.

Pelatihan ini diikuti oleh 100 Guru Agama Hindu SD, 25 Guru Agama Hindu SMP, 25 Guru Agama Hindu SMA dan 25 orang Guru Agama Hindu SMK. Salah satu SMK yang ikut serta adalah SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar yang mengirimkan 2 gurunya yaitu I Gusti Ngurah Putra Yasa, S.Pd (Guru Olah Raga) dan I Gusti Ngurah Agung Sandy Warman, S.Pd.H (Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti).

Posting Komentar untuk "Workshop Yoga Asanas Denpasar tahun 2015"