Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rayakan hari saraswati, Skawibha laksanakan Upacara memakuh gedung baru

Denpasar, buwik.com - Saniscara umanis watugunung adalah hari turunnya ilmu pengetahuan. Dalam agama Hindu disebut dengan hari raya Saraswati. Saraswati adalah istri/ saktinya dewa Brahma yang berkedudukan sebagai dewi pengetahuan. Pada hari saraswati ini biasanya dirayakan secara bersama di setiap sekolah yang ada di daerah Bali.

Perayaan hari saraswati juga dilaksanakan di SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar setiap enam bulan. Pada hari saraswati kali ini (28/11/2015) juga dilaksanakan dengan persembahyangan bersama di Padmasana yang ada di area sekolah bagian depan. Upacara persembahyangan dipimpin oleh pemangku. Sebagai pelengkap upacara yajna yang dilaksanakan, para siswa siswi yang ikut ekstra mewirama (dharma gita) ngaturang ayah mekidung (melantunkan lagu-lagu suci keagamaan). Hal ini dapat menambah vibrasi kesucian upacara yajna.

Perayaan hari raya suci saraswati ini, hadir para siswa dan siswi yang beragama hindu, para guru, pegawai TU, Ketua dan pengawas yayasan kebhaktian proklamasi (YKP) provinsi Bali untuk menghaturkan sembah bhaktinya.

Rayakan hari saraswati, Skawibha laksanakan Upacara memakuh gedung baru
Peletakan dasar dalam upacara memakuh oleh Ketua YKP Bali
Bertepatan dengan hari saraswati, SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar juga melaksanakan upacara ngurip memakuh gedung baru yang baru selesai dibangun. Yang mendem / meletakan dasar bangunan gedung yang telah selesai dibangun adalah Ketua YKP Bali, sedangan yang mendem dasar untuk bangunan yang dalam tahap pembangunan adalah Kepala Sekolah. #ASW

Posting Komentar untuk "Rayakan hari saraswati, Skawibha laksanakan Upacara memakuh gedung baru"