Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Penyakit Asma

Sakit Asma

Mungkin banyak diantara kita yang belum begitu tahu tentang penyebab penyakit asma. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit asma terjadi karena faktor keturunan. Namun penyakit asma tidak hanya karena faktor keturunan saja, namun masih banyak penyebab penyakit asma yang lainnya terutamanya adalah lingkungan. Penyakit asma adalah penyakit gangguan pernapasan yang banyak dipengaruhi oleh bersih tidaknya udara yang dihirup.

Nah berikut ini terdapat beberapa penyebab penyakit asma yang dijelaskan dalam PARU-PARU.COM, yaitu:


1. Bawaan atau Turunan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau penyakit asma merupakan penyakit turunan. Jika dikeluarga kita memiliki riwayat penyakit asma, maka tidak menutup kemungkinan Anda atau anak anda juga akan mengidap penyakit tersebut. Jadi, perlu diketahui kalau penyakit asma itu tidak menular melainkan penyakit turunan.

Oleh karena itu, jika Anda sudah mengetahui kalau diriwayat keluarga kita ada yang mengidap penyakit asma, maka segeralah untuk mengambil tindakan untuk mengobati penyakit asma ini dengan cara berkonsultasi pada dokter spesialis.
2. Faktor Lingkungan
Lingkungan yang kotor yang dipenuhi dengan debu dan asap merupakan awal dari timbulnya penyakit asma. Debu yang terdapat dirumah maupun ditempat umum lainnya adalah penyebab terjadinya penyakit asma, begitu halnya dengan asap rokok, asap kendaraan dan asap-asap lainnya, kesemuanya itu merupakan faktor terjadinya penyakit asma.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk senantiasa menjaga pola hidup yang sehat. Membersihkan rumah dari debu sesering mungkin dan sebisa mungkin menghindarkan anak dari benda-benda yang mudah pencetus alergi seperti boneka yang berbulu halus maupun bantal atau kasur dari kapok.

3. Penyebab Penyakit Asama dari Makanan
Makanan juga menyebabkan timbulnya penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari diantaranya adalah makanan junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen begitu juga dengan kacang tanah.

4.Udara Dingin
Cuaca suhu dingin juga merupakan faktor penyebab penyakit asma. Penggunaan AC dengan suhu dan serta cuaca dingin di daerah pegunungan bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma.

Semua penyebab penyakit asma tersebut tentunya dapat dihindari dan dicegah dengan gaya hidup yang sehat dan berkonsultasi pada ahlinya,

Posting Komentar untuk "Penyebab Penyakit Asma"