Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fasilitas-fasilitas layanan Email di internet

fasilitas-fasilitas layanan email
Gambar fasilitas-fasilitas layanan email (sumber gambar: beyond.customline.com)
Penggunaan email sebagai media berkirim surat sudah dilakukan oleh kebanyakan manusia di seluruh belahan duni, mulai dari yang sudah mahir sampai yang masih awam dan newbe. Banyak para pemula yang menggunakan email secara sederhana tanpa memahami secara mendalam tentang fasilitas-fasilitas layanan email. Agar bisa lebih memahami tentang fasilitas apa saja yang dapat digunakan pada layanan email, berikut akan disampaikan mengenai hal tersebut.

Mengenal Fasilitas Email

Berikut ini adalah beberapa  fasilitas  pada akun email yahoo!mail  untuk mengelola surat elektronik (email) kita, diantaranya adalah sebagai berikut :

Inbox (Kotak masuk)

Merupakan  tempat  menyimpan  surat  atau  email  sebagai  mana  layaknya  sebuah folder penyimpanan file di dalam komputer. Inbox dapat digunakan untuk memeriksa surat, membaca serta mengelolanya.

Check Mail (Cek email)

Merupakan fasilitas link perintah untuk mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca surat – surat lama yang berada di Inbox.

Compose (Menyusun)

Merupakan  fasilitas link perintah untuk menampilkan  lembar pembuatan  surat baru yang akan dikirim

Folders (Folder)

Merupakan  fasilitas  pengarsipan  bagi surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun surat yang telah diterima.

Address Book (Alamat buku)

Merupakan  fasilitas  untuk  membuat  yang  menyimpan  daftar  alamat  email  penting
(misalnya email relasi dan rekan).

Reply (Balasan)

Merupakan   fasilitas  link  perintah   untuk  menampilkan   lembar  pembuatan   surat balasan berdasarkan  sebuah email yang telah dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu lagi mengetik alamat email tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan balasan di atas pesan yang diterima.

Forward (Depan)

Merupakan fasilitas untuk mengirim kembali sebuah email yang diterima tanpa melakukan perubahan pada isi email.

Trash (Sampah)

Merupakan tempat pembuangan sementara di email yang sudah di hapus dan tidak diperlukan lagi.

Attachment (Lampiran)

Merupakan fasilitas untuk menyertakan  data lampiran pada pesan email yang akan dikirim ( misalnya file dokumen atau foto).

Option/Configuration  (Opsi/Konfigurasi)

Merupakan fasilitas untuk mengatur akun email seperti mengubah data personal, memberi tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat email tertentu, pengubahan password dan sebagainya.

Bulk Mail

Merupakan fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan menyimpan  scara otomatis penerimaan  email baru yang dianggap  tidak penting atau mengganggu seperti email promosi atau sejenisnya.

Signature (Tanda Tangan)

Merupakan  fasilitas  pemberian  tanda  identitas  pengirim  surat  otomatis  yang  akan selalu  disertakan  pada bagian  akhir setiap  email baru yang dikirim  (dapat  dibuat  melalui fasilitas option).

Setelah kita memiliki akun di salah satu server email, maka kita dapat memanfaatkan  akun tersebut untuk berbagai aktifitas yang berhubungan dengan komunikasi email, diantaranya :
  1.  Mengecek email yang masuk
  2.  Membuka email
  3.  Membalas email
  4.  Mengirim email dan melampirkan dokumen (attachment)
Demikianlah beberapa fasilitas yang harus dikenal dan dimanfaatkan oleh para pengguna email.



Posting Komentar untuk "Mengenal Fasilitas-fasilitas layanan Email di internet"