Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rayakan hari raya Saraswati, Siswa Skawibha Ngayah Mekidung

Denpasar, BagiPost.com - Ilmu pengetahuan adalah suatu hal yang amat penting dan berguna dalam kehidupan di dunia ini. Kenapa bisa demikian? ya karena dengan pengetahuan, manusia akan mampu menjalankan kehidupannya dengan layak. Dengan adanya pengetahuan, manusia akan bisa memecahkan segala bentuk permasalahan yang dihadapinya. Pengetahuan akan memberikan berbagai macam cara bagi manusia untuk berinovasi dan mencapai kemajuan.

Umat Hindu dari tahun ke tahun selalu merayakan hari suci turunnya ilmu pengetahuan dua kali dalam setahunnya. Hari turunnya pengetahuan ke dunia disebut dengan hari raya Saraswati yang dirayakan pada hari Saniscara Umanis Watugunung. Sesuai dengan kepercayaan Hindu, Dewi Saraswati adalah sumber dari pengetahuan. Beliau merupakan saktinya Dewa Brahma. Menurut cerita Hindu, bahwa Dewa Brahma menciptakan alam semesta beserta isinya haruslah didampingi oleh saktinya yaitu Dewi Saraswati. Hal ini menunjukan bahwa ketika manusia ingin berinovasi dan berkarya haruslah memiliki pengetahuan.
Rayakan hari raya Saraswati, Siswa Skawibha Ngayah Mekidung
Siswa-siswi Skawibha Ekstra Mewirama
Hari Raya Saraswati dirayakan disetiap sekolah yang ada di Bali. Upacara yajna dilaksanakan di padmasana masing-masing sekolah. Perayaannya pun dilaksanakan sesuai dengan tingkatan utama, madya ataupun kanista yang disesuaikan dengan kemampuan sekolah. Pada hari Saraswati, seluruh Guru, Siswa, Pegawai dan seluruh warga sekolah yang beragama Hindu akan melakukan persembahyangan bersama. Bahkan ada pula mereka yang telah tamat dari sekolah, meluangkan waktunya untuk datang ke sekolah yang menjadi almamaternya untuk melakukan persembahyangan Saraswati.

Demikian pula halnya dengan sebuah sekolah swasta yang berada di Denpasar yang berdiri dibawah naungan Yayasan kebhaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali yang bernama SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar (Skawibha) juga selalu merayakan hari Saraswati setiap enam bulan. Pada hari ini (28/11/2015) hari Saraswati dirayakan dengan upacara keagamaan yang sangat religius. Dimana dalam upacara yajna ini, selain para siswa dan gurunya, hadir pula Ketua dan Pengawas YKP Bali. Dalam upacara yajna hari Saraswati kali ini lebih menarik dari sebelumnya, karena selain dihadir oleh siswa yang lebih banyak, juga dikarenakan adanya siswa-siswi yang ngaturang ayah mekidung. Mereka adalah siswa-siswi SMK Teknologi Wira Bhakti yang mengikuti ekstra Makekawin / Mewirama. #ASW

Posting Komentar untuk "Rayakan hari raya Saraswati, Siswa Skawibha Ngayah Mekidung"