Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kwartir Cabang Denpasar lakukan Pelantikan Pramuka Gugus Depan SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar

Tabanan, Buwik.com – Dewasa ini dikatakan bahwa perilaku sebagian remaja telah mengalami kemerosotan yang sering diistilahkan dengan degradasi mental. Adanya penurunan kwalitas moral remaja sebagai generasi penerus bangsa dapat dilihat dari seringnya pemberitaan terkait dengan kenakalan remaja di masa sekolah.

Adanya perilaku yang condong ke arah negatif ini haruslah dicarikan jalan keluarnya sehingga dapat diminimalisir dan bila mungkin dihilangkan sehingga cita-cita para pahlawan yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa ini dapat terwujud. Untuk mewujudkan generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia harus dilakukan secara bersama-sama antara orang tua siswa, guru, dan pemerintah sebagai lingkungan hidup yang tentunya secara langsung akan berpengaruh pada arah kehidupan penerus bangsa ini.

Denpasar Kwartir Cabang Denpasar lakukan Pelantikan Pramuka Gugus Depan SMK Teknologi Wira Bhakti
Dokumentasi pelantikan gugus depan pramuka
Salah satu lingkungan yang sangat berperan dalam membentuk karakter generasi muda bangsa ini adalah sekolah, sehingga pemerintah selalu membuat perubahan kebijakan pemberlakuan kurikulum, sehingga sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung. Mulai dari tahun 2013, telah diberlakukan kurikulum 2013 yang menggantikan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP. Kurikulum 2013 sendiri selalu diperbaiki agar dapat dilaksanakan secara maksimal.

Salah satu hal penting yang ada pada kurikulum 2013 ini adalah menanam dan menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa. Agar harapan ini dapat terwujud maka setiap sekolah diwajibkan untuk membangkitkan ekstra wajib pramuka. SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar yang berada dibawah naungan Yayasan Kebhaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali juga telah membentuk ekstra kurikuler wajib pramuka. Melalui ekskul pramuka ini diharapkan agar visi sekolah dan yayasan YKP Bali “Membangkitkan Nilai-nilai JSN’45” dapat terwujud. Adanya ekstra pramuka yang dibentuk sekitar 3 tahun yang lalu ini dirasakan dapat memberikan perubahan pada perilaku siswa kearah yang lebih baik lagi.

Ekskul pramuka di SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar yang dibina oleh Kak Agus dan Kak Wily, pada hari Selasa, 15 Desember 2015 dilakukan pelantikan sekaligus perestuan. Acara perestuan dan Pelantikan Pramuka Gugus Depan Denpasar 01.617-01.618 SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar dilaksanakan secara resmi di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana. Upacara pelantikan ini dihadiri oleh para anggota dan pembina pramuka, dewan guru, ketua yayasan YKP Bali yang diwakili oleh ketua bidang sosial, dan perwakilan dari Kwarcab Pramuka Denpasar.
Denpasar Kwartir Cabang Denpasar lakukan Pelantikan Pramuka Gugus Depan SMK Teknologi Wira Bhakti
Kwartir Cabang Denpasar melakukan pelantikan
Pelantikan dan penyematan atribut pramuka dilakukan oleh kwarcab pramuka Denpasar I Ketut Sudana yang juga selaku inspektur upacara. Dalam kesempatan tersebut, I Ketut Sudana memberikan sambutan. Dalam sambutannya I Ketut Sudana mengatakan bahwa setelah dilantik, maka anggota pramuka harus dapat menjalankan kewajibannya dengan baik sesuai dengan sebutan yang diberikan kepada pasukan pramuka SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar yaitu pasukan I Gusti Ngurah Rai dan Pasukan Cut Nyak Dien. Kedua tokoh tersebut adalah pahlawan nasional yang dijadikan sebagai teladan.
Denpasar Kwartir Cabang Denpasar lakukan Pelantikan Pramuka Gugus Depan SMK Teknologi Wira Bhakti
Anggota Pramuka dan Dewan Guru
Para siswa SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar yang ikut dalam ekstra pramuka ini telah berada di Taman Pujaan Bangsa Margarana dari tanggal 14 desember 2015, dan mereka didampingi oleh pembinanya melakukan kemah di area tersebut.
Red: ASW

Posting Komentar untuk "Kwartir Cabang Denpasar lakukan Pelantikan Pramuka Gugus Depan SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar"