Fakta Kehidupan Suku Surma yang merupakan salah satu suku yang berasal dari Ethiopia Afrika


Hallo sobat, kembali lagi di buwik.com

Pada postingan kita kali ini akan membahas tentang fakta kehidupan Suku Surma yang merupakan salah satu suku yang berasal dari Ethiopia Afrika .

Namun sebelum lanjut silahkan terlebih dahulu klik tombol follow pada website ini agar tidak ketinggalan postingan terupdate dan terbaru dari situs ini.

Suku Surma.
Kehidupan Suku Surma
Kehidupan Suku Surma

Suku surma merupakan salah satu suku di Afrika yang tidak terpengaruh dengan modernitas dan tetap berpegang pada tradisinya.

Suku yang berasal dari Ethiopia ini terasing oleh pegunungan dengan ketinggian 7.000 kaki dan dataran rendah sunyi sepanjang perbatasan Ethiopia dengan Sudan. Di sana terdapat sekira 30.000 orang Surma bertahan hidup dengan tak mudah dan serba kekurangan di bagian barat Sungai Omo. Mereka mengasingkan diri dan hidup berkelompok selama ratusan tahun.

Suku surma ini hidup terbagi dalam tiga kelompok yaitu suku Suri, Mursi dan Mekan. Dari ketiganya hal paling unik dari suku Mursi dan Suri adalah para wanita yang menggunakan aksesoris mencolok berupa lempengan kayu atau besi yang diletakkan di bibir mereka sebagai cermin kecantikan wanita Surma. Ritual ini disebut Labret atau lempeng bibir.

Bibir yang dipasang lempengan seukuran piring besar ini menandakan simbol kedewasaan, biasanya dipasang saat umur perempuan sudah beranjak 13 sampai 16 tahun. Sebelum lempengan itu dipasang, bibir harus diiris sepanjang 2 hingga 3cm.

Wah, apa tidak sakit ya?

Dua sampai tiga pekan kemudian piring tersebut diganti dengan ukuran yang lebih besar hingga melebihi 25 cm. Ada sanksi adat yang harus diterima jika perempuan suku Surma menolak tradisi ini.

Baik, jadi demikianlah informasi mengenai kehidupan Suku Surma yang merupakan suku terasing dari Ethiopia.

Posting Komentar

0 Komentar