Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Menangani Luka Bakar yang Benar

Tips Cara Menangani Luka Bakar yang Benar
Tips cara menangani luka bakar
Health - Buwik.com, Kecelakaan ketika beraktifitas mungkin kadang terjadi dan tidak dapat dihindari seperti kecelakaan bermotor dijalan, terjatuh, terpeleset maupun tersiram air hangat atau terkena api yang mengakibatkan luka bakar. Dalam penanganan terhadap luka bakar masih banyak masyarakat yang salah kaprah atau keliru, seperti menaburkan luka dengan bubuk kopi, mengoles dengan pasta gigi, menggunakan es, dan juga mengolesi kecap. Itu adalah kekeliruan yang dilakukan sehingga bukannya menolong tapi malah dapat memperparah kondisi dari luka bakar. Nah agar kita lebih paham tentang cara penanganan yang benar terhadap luka bakar maka ada baiknya menyimak artikel Tips Cara Menangani Luka Bakar yang Benar berikut ini. dr. Nadia Octavia dalam tulisannya "Luka Bakar? Jangan Disiram Kecap!" di situs KlikDokter.com menjelaskan tentang Klasifikasi luka Bakar dan Penanganan yang benar terhadap luka bakar.

Ketika akan memberikan pertolongan pada luka bakar, maka hal yang sangat perlu diketahui adalah perbedaan luka bakar ringan dan serius serta derajat kerusakan pada jaringan yang terkena.

Berikut ini adalah 3 klasifikasi luka bakar yang perlu diketahui:

1) Luka bakar derajat satu
ciri-cirinya:
- Kulit kemerahan
- Terkadang bengkak dan nyeri

2) Luka bakar derajat dua
ciri-cirinya:
- Terdapat gelembung / lepuh yang berisi cairan
- Kulit memerah dan tampak seperti bercak-bercak
- Nyeri dan bengkak

3) Luka bakar derajat tiga
ciri-cirinya:
- Lemak, otot, bahkan tulang terkena
- Kulit tampak pucat abu-abu gelap atau hitam
- Tidak ada lepuh
- Tidak nyeri

Nah itulah 3 klasifikasi dari luka bakar yang harus diketahui sehingga dapat memberikan pertolongan dengan tepat. Berikut ini adalah tips penanganan luka bakar yang benar.

Penanganan Pertama Luka Bakar
A) Penanganan pertama untuk luka bakar ringan (derajat 1 dan 2) dengan diameter area kurang dari 8 cm:

  • Hentikan kontak dengan api atau benda panas
  • Sirami dengan air mengalir selama sekurang-kurangnya 15 menit
  • Tutup area luka bakar dengan kasa steril. Jangan gunakan kapas ataupun bahan lain yang dapat menempel pada luka. Balut secara longgar untuk menghindari tekanan pada luka
  • Jangan gunakan es batu. Pemberian es secara langsung pada luka akan menyebabkan kerusakan jaringan yang lebih parah
  • Jangan mengoleskan telur, mentega, kecap, odol, ataupun bahan - bahan lainnya. Karena dapat berpotensi terjadi infeksi.
  • Jika terdapat gelembung/lepuh, jangan dipecahkan. Gelembung/lepuh yang pecah dapat terjadi infeksi.


B) Untuk luka bakar berat, yang perlu Anda lakukan adalah hubungi ambulans ataupun cari bantuan medis. Sebelum bantuan datang yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama adalah:

  • Hentikan dan hindari kontak dengan api atau bahan panas
  • Jangan membenamkan atau mencelupkan pada air dingin. karena hal tersebut berpotensi terjadi penurunan suhu tubuh yang secara tiba - tiba (hipotermi) dan syok.
  • Cek tanda - tanda sirkulasi (nafas, nadi, batuk, atau gerakan). Jika tidak ada tanda - tanda tersebut, maka berikan bantuan nafas atau bantuan hidup dasar (hanya jika Anda terlatih)
  • Posisikan area yang terkena atau tubuh lebih tinggi. Hal ini dilakukan agar aliran darah lebih maksimal mengalirnya.
  • Tutup area luka. Yang digunakan untuk menutup luka adalah kasa lembab, bersih dan steril


Perlu juga diketahui bahwa luka bakar berpotensi menyebabkan terjadinya tetanus. Oleh karena itu, disarankan agar Anda segera mendapatkan vaksin tetanus, jika Anda belum pernah mendapatkannya sebelumnya ataupun terakhir kali Anda mendapatkannya lebih dari 5 tahun yang lalu.

Demikianlah tips cara penanganan pertama terhadap luka bakar yang benar. Semoga tips ini dapat memberikan manfaat bagi anda semuanya.

Sumber : klikDokter.com
Gambar : ObatLukaBakar.org
Editting by : Admin

Posting Komentar untuk "Tips Cara Menangani Luka Bakar yang Benar "