Macam-macam Rumah Adat Tradisional di Indonesia

Rumah Adat Tradisional di Indonesia
Salah satu Rumah Adat Tradisional di Indonesia

Halo sahabat, selamat datang kembali di buwikcom.

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat kaya di Dunia. Indonesia sangat kaya dengan Sumber Daya Alam yang begitu melimpah. Selain itu Indonesia juga sangat kaya dengan Adat dan budaya masyarakatnya yang beraneka ragam dan menjadi pusat perhatian dunia. Satu di antara keberagaman yang ada di Indonesia adalah adanya rumah adat di masing-masing daerah. Rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam perspektif sejarah, warisan, serta kemajuan masyarakat dalam sebuah peradaban.

Nah, berikut ini diuraikan lebih lanjut rangkuman tentang macam-macam rumah adat yang ada di Indonesia, seperti dilansir dari laman Seruni.id

1. Rumah Krong Bade
Rumah Krong Bade merupakan rumah adat dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Ciri khas dari rumah ini adalah, adanya anak tangga dengan jumlah ganjil di bagian depan rumah, yang biasanya digunakan sebagai tangga masuk.

2. Rumah Bolon
Rumah Bolon merupakan rumah adat Provinsi Sumatra Utara. Rumah ini menjadi simbol identitas masyarakat Batak yang tinggal di Sumatra Utara.

3. Rumah Gadang
Rumah Gadang merupakan rumah adat dari Provinsi Sumatra Barat. Ciri khas rumah adat tersebut, terlihat dari bentuk arsitekturnya dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau yang berbahan ijuk.

4. Rumah Selaso Jatuh Kembar
Rumah Selaso Jatuh Kembar merupakan rumah adat dari Provinsi Riau. Ciri khas dari rumah adat ini adalah adanya kolong atau yang biasanya disebut dengan rumah panggung. Rumah adat tersebut terdiri dari beberapa tiang dengan bentuk bangunan persegi panjang.

5. Rumah Belah Bubung
Rumah Belah Bubung merupakan rumah adat dari Provinsi Riau Kepulauan. Rumah adat ini memiliki beragam bentuk atap, mulai yang berbentuk datar, curam ke bawah, bergabung melintang, sejajar, hingga atap layar yang berbentuk menyusun.

6. Rumah Rakyat
Rumah Rakyat merupakan rumah adat dari Provinsi Bengkulu. Rumah adat ini memiliki bentuk yang sangat kompleks dibandingkan dengan rumah adat lainnya. Dengan gaya panggung, rumah adat tersebut memiliki aula di bagian bawah rumah yang dapat digunakan dalam acara-acara tertentu.

7. Rumah Panggung Kajang Leko
Rumah Panggung Kajang Leko merupakan rumah adat dari Provinsi Jambi. Rumah Panggung Kajang Leko merupakan konsep arsitektur dari Marga Bathin. Hingga saat ini, orang Bathin tetap mempertahankan adat istiadat yang ditinggalkan oleh para pendahulu.

8. Rumah Limas
Rumah Limas merupakan rumah adat dari Provinsi Sumatra Selatan. Rumah adat ini umumnya berbentuk panggung karena sebagian daerah di sana adalah rawa-rawa dan sungai. Ciri khas dari rumah ini adalah lantainya yang bertingkat-tingkat atau disebut sebagai bengkilas.

9. Rumah Rakit Limas
Rumah Rakit Limas merupakan rumah adat dari Provinsi Bangka Belitung. Ciri khas dari rumah ini adalah dibangun di atas sungai dan memang mirip seperti rakit.

10. Rumah Nowou Sesat
Rumah Nowou Sesat merupakan rumah adat dari Provinsi Lampung. Bangunan panggung dan ormanem yang khas, menjadi ciri dari rumah adat ini.

11. Rumah Badui
Rumah Badui merupakan rumah adat dari Provinsi Banten. Rumah Badui dibuat sendiri oleh suku Badui yang berdiam diri di Banten. Ciri khasnya, sedikit lebih tinggi seperti rumah panggung, akan tetapi tingginya tidak ada setengah meter.

12. Rumah Sunda
Rumah Sunda merupakan rumah adat dari Provinsi Jawa Barat. Rumah ini berbentuk panggung yang tidak terlalu tinggi, pada bagian depan rumah terdapat tangga atau bisa disebut dengan goldog, yang berfungsi sebagai sarana keluar masuk rumah.

13. Rumah Kebaya
Rumah Kebaya merupakan rumah adat dari Provinsi DKI Jakarta. Rumah Kebaya memiliki bentuk atap menyeruapi pelana yang dilipat rapi, terutama jika dilihat dari samping. Ornamen khas dari suku Betawi ini sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya.

14. Rumah Joglo
Rumah Joglo merupakan rumah adat dari Provinsi Jawa Tengah. Rumah adat ini, memiliki beberapa bagian ruangan di dalamnya. Ruangan tersebut memiliki fungsi masing-masing. Ada ruangan pendopo yang digunakan sebagai ruang tamu, dan biasanya ruangan ini berada di bagian depan rumah sebagai ruang terbuka.

15. Rumah Bangsal Kencono
Rumah Bangsal Kencono merupakan rumah adat dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Ciri khas dari rumah adat ini adalah corak ornamen yang mengandung filosifi dan nilai-nilai kehidupan yang merupakan lambang dari pola perilaku manusia, alam semesta, dan kehidupan.

16. Rumah Joglo Situbondo
Rumah Joglo Situbondo merupakan rumah adat dari Provinsi Jawa Timur. Rumah Joglo Situbondo ini, ciri khasnya dapat dilihat dari bentuknya yang lebih minimalis, tetapi memberikan kesan artistik. Selain itu, rumah adat ini memiliki filosofi dan senepan yang terkandung di dalam rumah adat tersebut.

17. Rumah Tanean Lanjhan
Rumah Tanean Lanjhan merupakan rumah adat dari Madura. Mungkin, jika dilihat dari segi kebudayaan serta adat di Madura, rumah adat tersebut memiliki sedikit perbedaan yang signifikan.

18. Rumah Gapura Candi Bentar
Rumah Gapura Candi Bentar merupakan rumah adat dari Bali. Rumah adat ini memiliki ciri-ciri yang menyerupai pura, apalagi rumah ini memang dilengkapi dengan pura di bagian depannya.

19. Rumah Dalam Loka
Rumah Dalam Loka merupakan rumah adat dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rumah ini dibangun pertama kali oleh suku-suku asli daerah NTB.

20. Rumah Musalaki
Rumah Musalaki merupakan rumah adat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rumah Musalaki memiliki bentuk yang menyerupai kerucut. Konon, pada zaman dahulu, rumah ini kerap digunakan sebagai tempat tinggal kepada suku dan pembesar adat saja.

21. Rumah Panjang
Rumah Panjang merupakan rumah adat dari Provinsi Kalimatan Barat. Sama seperti namanya, rumah adat ini memiliki bentuk yang cukup panjang dengan beberapa tiang di bawahnya, membuat rumah adat tersebut seperti rumah panggung.

22. Rumah Betang
Rumah Betang merupakan rumah adat dari Kalimantan Tengah. Rumah adat ini memiliki desain yang hampir mirip dengan Rumah Panjang dari Kalimantan Barat. Hanya, yang membedakan dari segi bentuk dan ukuran.

23. Rumah Lamin
Rumah Lamin merupakan rumah adat dari Provinsi Kalimantan Timur. Rumah adat ini memiliki desain yang lebih menarik daripada rumah adat lainnya yang berada di daerah Kalimantan.

24. Rumah Bubungan Tinggi
Rumah Bubungan Tinggi merupakan rumah adat dari Provinsi Kalimantan Selatan. Ciri khas rumah adat ini terletak pada struktur bangunannya yang tinggi dan kukuh.

25. Rumah Baloy
Rumah Baloy merupakan rumah adat dari Provinsi Kalimantan Utara. Bangunan rumah tersebut terinspirasi dari rumah adat suku Tidung, yang juga berada di Kalimantan Utara. Ciri khasnya adalah arsitektur bangunannya yang lebih indah dari rumah adat lainnya yang berada di Kalimantan.

26. Rumah Pewaris
Rumah Pewaris merupakan rumah adat dari Provinsi Sulawesi Utara. Rumah Pewaris ini merupakan rumah welawangkoa atau rumah peninggalan para leluhur.

27. Rumah Tambi
Rumah Tambi merupakan rumah adat dari Provinsi Sulawesi Tengah. Rumah Tambi memiliki bentuk persegi panjang dengan arsitektur rumah panggung. Bahan dasar dalam pembuatan rumah ini, menggunakan kayu asli dan batu alam.

28. Rumah Buton
Rumah Buton merupakan rumah adat dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Rumah adat ini dibuat dengan empat lantai, dan hanya menggunakan kait kayu, tanpa menggunakan pasak dan paku.

29. Rumah Tongkonan
Rumah Tongkonan merupakan rumah adat dari Provinsi Sulawesi Selatan. Rumah ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok terutama pada bagian atapnya. Atap pada rumah ini berbentuk seperti perahu terbalik, selain itu di bagian tersebut juga terdapat tanduk kerbau.

30. Rumah Dulohupa
Rumah Dulohupa merupakan rumah adat dari Gorontalo. Rumah Dulohupa memiliki gaya atap yang berseni, dengan struktur bangunan menyerupai rumah khas panggung. Sebagian besar, bahan pembangunan dari rumah ini kebanyakan berasal dari alam.

31. Rumah Baileo
Rumah Baileo merupakan rumah adat dari Provinsi Maluku. Rumah Baileo memiliki ukuran yang besar karena rumah ini tak hanya dipakai sebagai tempat tinggal saja, namun juga untuk musyawarah dan acara hiburan. Selain itu, terdapat ruangan khusus untuk menyimpan benda-benda pusaka suci.

32. Rumah Sasadu
Rumah Sasadu merupakan rumah adat dari Provinsi Maluku Utara Keunikan pada bangunan rumah yang satu ini, bisa kita lihat dari jumlah pintu yang ada pada rumah tersebut. Ada enam buah pintu pada rumah ini dan masing-masing pintu memiliki fungsi yang berbeda.

33. Rumah Honai
Rumah Honai merupakan rumah adat dari Papua. Rumah ini terbuat dari kayu dan ilalang. Ciri khas rumah adat ini adalah berukuran minimalis dan sempit.

34. Rumah Mod Aki Aksa
Rumah Mod Aki Aksa merupakan rumah adat dari Provinsi Papua Barat. Rumha adat ini sering disebut dengan rumah kaki seribu karena pada bagian bawah rumah adat ini terdapat banyak penyangga.

Demikianlah macam-macam rumah adat yang ada di Indonesia yang sangat patut kita kenal dan kita jaga kelestariannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk subscribe dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar