Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI - 21 Januari 2022

Upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI
Upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI

Buwik.com, Denpasar - Tepat pada tanggal 21 Januari 2022 adalah puncak upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI yang dikenal sebagai Raja Denpasar. Roh Sang Raja itu kini telah dihantarkan menuju alam Sunia Loka melalui rangkaian upacara Pitra Yadnya.

Menurut informasi yang dilansir dari suarabali.id bahwa Raja Pemecutan XI lebar atau meninggal dunia pada 22 Desember 2021 pada usia 76 tahun karena sakit yang diderita beberapa waktu belakangan mulai dari hernia hingga stroke.

Rangkaian upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI dimulai pukul 03.00 Wita dini hari hingga sore harinya seperti melaspas Bade Tumpang Solas, menaikan layon atau jenazah sang Raja ke Bade hingga pengabenan di Setra Agung Badung dilaksanakan hari ini.

Jenazah Ida Cokorda Pemecutan XI ditempatkan di dalam Bade Tumpang Solas dengan tinggi sekitar 18 meter, selanjutnya bergerak beriringan dengan rangkaian lain seperti Lembu, Ogoh-ogoh dan pengiring lainnya dari warga Agung Pemecutan.

Dalam pelaksanaan pelebon ini, tidak hanya keluarga besar Pemecutan menghantar kepergian sang Raja, namun juga ribuan masyarakat yang merasa kehilangan sosok Raja bergerak ke Puri Pemecutan untuk menyaksikan prosesi Pratiwa Nyawa Ngasti Wedana ini. Terdapat 11 sulinggih yang memimpin prosesi demi prosesi upacara puncak pelebon.

Dilansir dari situs bali.suara.com, Putra kedua almarhum Raja Pemecutan XI, Anak Agung Ngurah Damar Negara di sela prosesi pelebon menuturkan "Kita melaksanakan Ngaben Pelebon Utamaning Utama untuk ayah saya Ida Cokorda Pemecutan XI, rangkaiannya selama 1 bulan dari berpulang 22 Desember 2021 hingga puncaknya pada 21 Januari 2022 ini, memang memerlukan waktu yang sangat panjang, setelah ngaben ini kita pengayundan (melarung,-red) ke Pantai Kuta".

Terkait dengan protokol kesehatan, A.A Ngurah Damar Negara (Putra kedua almarhum Raja Pemecutan XI) juga menyampaikan bahwa untuk melaksanakan upacara pelobon almarhum Raja Pemecutan XI, warga agung Pemecutan mematuhi prokes dengan melaksanakan rapid test di Griya Pemecutan sebelum dilaksanakan upacara.

Sumber:
https://bali.suara.com/read/2022/01/21/171309/pelebon-raja-denpasar-ida-cokorda-pemecutan-xi-berlangsung-diantara-tradisi-dan-pandemi-di-bali

Posting Komentar untuk "Upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI - 21 Januari 2022"